Sistem Informasi Akademik (Siakad) Online, Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, resmi digunakan dalam rangka memudahkan urusan administrasi baik dosen maupun mahasiswa.
Saat ini, pihak kampus tengah melakukan sosialisasi kepada seluruh dosen yayasan agar dapat mengetahui cara operasi system tersebut. Nantinya, setiap dosen dan mahasiswa memiliki akun sendiri sebagai sarana masuk ke dalam sistem itu.
“Sosialisainya untuk semua pihak berwenang di lingkungan Unisa,” terang Ketua BAAK-SI Unisa, Fachrudin A Yahya, Kamis (19/10).
Dia mengatakan, dengan adanya system itu, mahasiswa dapat mengajukan Kartu Rencana Studi (KRS) secara online tiap semester.
“Semua mahasiswa dapat menggunakan fasilitas ini, termasuk mahasiswa baru,” sebut
Tentunya, kata dia, penggunaan system tersebut juga harus berdasarkan aturan akademik. Misalnya ada mahasiswa yang akan mengajukan KRS harus menyelesaikan pembayaran SPP. Sebab kata dia, pengajuan KRS tersebut baru aktif pada waktu tertentu, yaitu pada awal semester dan semester sisipan.
“Dengan adanya Siakad ini, dosen juga bisa mengetahui persis jadwal mengajar. Komunikasi antara dosen dan mahasiswa juga bisa dilakukan langsung dengan sistem ini,” tambahnya.
Selain itu, hari dan jam kuliah juga lebih pasti dan pengambilan mata kuliah oleh mahasiswa dapat langsung diakses, dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa langsung memilih kelas kuliah.
Salah satu Dosen Fakultas Perikanan itu menambahkan, keuntungan lain dari Siakad adalah data akademik dapat diakses lebih cepat, efisien karena tidak perlu datang ke kampus, cukup dilakukan di rumah ataupun tempat lain yang memiliki akses internet. Nilai ujian juga bisa diketahui langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *