ostak-maba-unisa-palu-2016Unisa Palu – Universitas Alkhairaat Palu (Unisa Palu) memiliki keunggulan yang tidak di miliki Perguruan Tinggi lainnya, karena walaupun Unisa adalah Perguruan Tinggi di bawah naungan Yayasan. Keunggulan Unisa karena memiliki Fakultas Kedokteran, yang tidak ada di tempat lain.

Sama halnya dengan dengan Fakultas Agama, juga tidak ada di perguruan tinggi lainnya. Olehnya keunggulan Unisa tersebut, merupakan kebanggaan tersendiri bagi semua mahasiswa yang belajar di Unisa.
Demikian disampaikan Rektor Unisa, Dr. H. Hamdan Rampadio, SH,. MH,. saat memberikan sambutannya, pada pembukaan kegiatan Orientasi Ta’ruf Kampus (Ostak), Kamis (8/9).
Lanjut Rektor menyatakan, visi dan misi Unisa ingin mengembangkan riset, pengabdian dan berkareakter kewirausahaan. Maka dengan visi dan misi tersebut, Unisa kedepan akan melahirkan para pemikir, para ilmuan yang berkarakter, para cendikiawan dengan karakter berbeda dari para ilmuan dan pemikir serta cendikiawan berbeda dari kampus yang lainnya.
“Unisa ingin mencetak manusia yang memiliki otak jerman dan berhati mekkah,” katanya.
Karena menurutnya, alumni Unisa akan menguasai dua ilmu pengetahuan sekaligus, yaitu ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan Agama. Karena kedua ilmu pengetahuan tersebut tidak bisa terpisahkan. Sebab jika salah satunya tidak dimiliki terasa sia-siap ilmu pengetahuannya, itulah Unisa selaku Perguruan Tinggi swata, terus mengembangkan kedua ilmu pengetahuan dimaksud.
Lanjut Rektor, jika pengetahuan umum kalau tidak di barengi dengan ilmu Agama, yang berkaitan dengan hati manusia, tidak akan sempurna ilmu pengetahuan tersebut. Sama dengan sebaliknya, oleh karena itu kedua ilmu pengetahuan dimaksud tidak bisa terpisahkan antara satu sama lainnya.
Dr. H. Hamdan Rampadio menjelaskan, seseorang yang hanya menguasai ilmu pengetahuan umum, dipastikan kehidupan mereka akan gelisah, mereka tidak akan mendapatkan kebahagiaan walaupun segudang ilmu itu. Sebab itu Unisa mengiginkan para ilmuan yang di cetaknya, selain menguasai ilmu pengetahuan umum, mereka juga menguasai iman dan taqwa.
Dia menambahkan, tujuan pelaksanaan Ostak tersebut untuk mempererat emosional antara senior dan yuniornya, kemudian memperkenalkan lingkungan kampus pada mahasiswa barunya, dan menjamin tidak akan diberlakukan kekerasan dalam pelaksanaan Ostak tersebut, sebagaimana yang dianjurkan oleh Kemenristek melalui surat edarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *