Universitas Alkhairaat (Unisa) menurunkan dua tim ke lokasi bencana gempa bumi di Sulawesi Barat yang secara resmi dilepas oleh Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas, Jumat, (15/1).

Dalam arahannya, Rektor Umar Alatas berpesan agar Tim Bantuan yang diterjunkan dapat menjaga nama baik Alkhairaat, jaga almamater dengan bekerja sepenuh hati mengedepankan aklakul karimah.

”Ingat, kalian semua adalah duta, di dada kalian ada logo lembaga yang bermakna kebaikan,” pesan Rektor.

Rektor juga berpesan, setibanya di tempat tujuan agar segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Tim Bantuan disana agar penyaluran dan pelayanan kesehatan tepat sasaran.

Rektor juga mengingatkan kepada seluruh dokter untuk tidak lupa berdoa sebelum memulai aktivitas, khusus yang muslim untuk mengirimkan alfatihah kepada pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

“Khusus yang muslim, jangan lupa berdoa, kirim alfatihah sama Guru Tua, minta berkahnya agar tugas kemanusiaan ini berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dalam Tim Bantuan yang diterjunkan terdapat 15 orang dokter terdiri dari dua dokter spesialis, tiga dokter umum dan sisanya dokter muda yang sedang coas yang tergabung dalam Tim Bantuan Medis (TBM) Arteria. Tim ini dipimpin langsung Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FK Unisa, drg. Lutfiah Sahabuddin, M.Kes.

Dia didampingi oleh dr. Zulfikar, spesialis bedah, dr. Reza, spesialis anastesi, dr Ali Palandro dan satu dokter dari Universitas Tadulako (Untad).

Tim Bantuan Medis Unisa ini adalah tim pertama dari Sulteng yang di support langsung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulawesi Tengah, IDI cabang Palu, IDI cabang Sigi, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Sulteng, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Fakultas Kedokteran Untad dan TBM Axis Untad.

“Kami insya Allah malam ini (Jumat malam), berangkat ke Sulbar, membawa amanah masyarakat Sulteng berupa obat-obatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dan sejumlah bahan kebutuhan warga korban gempa Sulbar,” kata dr. Lutfiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here