Universitas Alkhairaat (Unisa), Palu kembali mendapatkan kehormatan sebagai salah satu perguruan tinggi yang dilibatkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah III melalui program KKN Tematik Merajut Nusantara III di Palu, Sulawesi Tengah.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Alkhairaat (Unisa), Abdul Kadir Alkaf, Selasa, (4/2).

Menurutnya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merajut Nusantara III Palu, Sulawesi Tengah adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan, sebelumnya program serupa dilaksanakan di Riau dan Sambas, Kalimantan.

“KKN Tematik Merajut Nusantara III dilaksanakan di Sulawesi Tengah, khususnya di wilayah terdampak bencana, Sigi, Donggala, Palu dan Parigi Moutong. Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Nusantara akan ditempatkan di wilayah tersebut,” katanya.

Abdul Kadir mengatakan, secara khusus Universitas Alkhairaat mendapatkan surat resmi dari Universitas Esa Unggul sebagai pelaksana kegiatan perihal permohonan audiensi terkait dengan kegiatan survei analisis situasi pada tanggal 3-6 Februari 2020.

” Unisa turut diundang menyamakan persepsi di Universitas Tadulako dan audiens dengan pemerintah provinsi yang diterima oleh Sekdaprov Dr. Hidayat Lamakarate bersama panitia dari Jakarta, Untad dan Unismuh Palu sebagai mitra dalam program KKN Tematik Merajut Nusantara ini,” jelasnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan surat tugas yang diterima oleh LPPM Unisa dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III yang ditandatangani oleh Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi tercatat sejumlah perguruan tinggi terlibat pada kegiatan KKN Tematik “Merajut Nusantara” ke-3 itu yakni Universitas Esa Unggul, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Mercu Buana, Universitas Budi Luhur, Universitas Yarsi, Institut STIAMI, Institut Sains dan Teknologi Al Kamal, STIKES Abdi Nusantara, Akademi Refraksi Optisi Leprindo, Akademi Televisi Indonesia dan Politeknik Sahid.

KKN Tematik Merajut Nusantara kata Abdul Kadir juga melibatkan perguruan tinggi di wilayah Sulawesi yakni, Universitas Negeri Makassar, Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah Palu dan Universitas Alkhairaat.

Pelaksanaan KKN Tematik ‘Merajut Nusantara” akan diikuti sekitar 300 mahasiswa dijadwalkan pada tanggal 15-29 Juni 2020. Mahasiswa dari berbagai daerah di Nusantara itu akan disebar di wilayah Palu, Parigi, Donggala dan Sigi.

Kepala Divisi Pengabdian kepada Masyarakat Unisa, Muhamad Gulom mengatakan, pembekalan mahasiswa KKN Tematik Merajut Nusantara III akan dilaksanakan selama dua minggu dan pelaksanaan kegiatan juga selama dua minggu dengan materi ekonomi kreatif, kesehatan, pemuda dan olahraga dan pendidikan.

” Unisa sendiri akan mengikutkan mahasiswanya, khususnya fakultas kedokteran pada program KKN Tematik Merajut Nusantara ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here