Asosiasi Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (ADPI) sukses menggelar seminar Nasional Psichologycal First Aid (PFA) di aula Ibnu Shina Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Alkhairaat (Unisa) pekan lalu.

Koordinator Wilayah ADPI Sulawesi Tengah, Ahmad E. Musa mengatakan, suksesnya seminar Nasional itu berkat dukungan semua pihak dari sejumlah Perguruan Tinggi di Palu, seperti Untad, IAIN Palu, STIE Panca Bhakti Palu dan Unisa sendiri yang dipercayakan sebagai tuan rumah hajatan ilmiah itu.

” Alhamdulillah seminar ini terlaksana dengan baik, dihadiri langsung pengurus ADPI Pusat ibu Elis Trisnawati, dan dibuka langsung oleh Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas, pada hari Sabtu tanggal 7 Desember 2019 di aula Fakultas Kedokteran,” kata Ahmad pada wartakiat.com, Ahad, (08/12).

Mahasiswa program Doktoral di IAIN Palu itu mengatakan, akademisi dari beberapa perguruan tinggi diberikan kesempatan menyampaikan materi sesuai kapakaran keilmuannya. Termasuk dirinya sebagai koordinator wilayah didaulat memberikan materi praktek uji coba program Psychological First Aid.

Selain dirinya, Dosen STAI Alqudwah Depok, Elis Trisnawati, yang juga bendahara umum ADPI Pusat dan Manager of Sosial Development Yayasan Fatih Alkhairiyyah, berkenan menyampaikan materi “Pengenalan Konsep Psychological First Aid” dan akademisi dari IAIN Palu, Dr. Abd. Gafur Marzuki, dengan materi ‘Ketahanan Bencana dalam Lingkup Kajian Ketahanan Nasional”.

Koordinator Wilayah Psichologyca First Aid bagi korban bencana alam, Ahmad mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan seminar nasional untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat terkait pertolongan pertama psikologis bagi korban bencana alam.

‘Intinya transfer ilmu pengetahuan dari pakar kepada mahasiswa,” singkatnya.

Ahmad yang juga Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI), Unisa itu menilai, mahasiswa terlihat antusias mengikuti seminar.

Ia berharap mahasiswa perwakilan dari Untad, STIE, IAIN dan Unisa itu bisa mempraktekkan ilmu yang telah diperolehnya di masyarakat, khususnya apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Rektor Universitas Alkhairaat, Dr. Umar Alatas, menerima dan merespon dengan baik kegiatan University Communty Engagement National Seminar on Psychological First Aid (PFA).

Ia berharap kerjasama terus ditingkatkan dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Asesor Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Sulawesi Tengah itu juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Rektor Unisa, Dr. Umar Alatas yang telah memberikan support dan membuka kegiatan, Pengurus ADPI Pusat yang menjadi sponsor utama dan Pengurus Wilayah ADPI, teristimewa Ketua Panitia dan Humas yang luar biasa, Suraeda dari STIE Panca Bhakti Palu dan Dr. Fatma, S.Pd.,M.Pd.

“Sebagai Koordinator Wilayah secara khusus juga mengucapkan terimakasih kepada Dompet Dhuafa, STAI Alqudwa Depok, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang dan yayasan Fatih Alkhairiyyah,”tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here