Universitas Alkhairaat (Unisa), menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS), pertama yang disambangi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, M. Abdul Majid Ikram. Di Kampus itu, Kepala Perwakilan BI Sulteng yang baru dua pekan menjabat itu didaulat menyampaikan materi dengan tema Kebanksentralan dan Ekonomi Digital.

”data tahun 2018, jumlah pengguna internet sebanyak 132.7 juta, pengguna sosial media aktif sebanyak 130 juta, pengguna ponsel sebanyak 177.9 juta dan pengguna sosial ponsel aktif sebanyak 120 juta. Tentunya ini menjadi peluang dalam perkembangan ekonomi digital,” katanya, dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen di Kampus Unisa, Senin, (23/9).

Maka tidak heran, kata Majid, saat ini ekonomi digital telah mampu mempengaruhi sendi kehidupan.

Ia mengatakan, banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan perkembangan ekonomi digital diantaranya, transaksi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, pesan barang jadi mudah, tinggal satu klik saja, barang bisa dijual hingga ke luar negeri, serta membuka lapangan pekerjaan baru.
“sebelum saya menjadi pejabat, saya bergelut dengan usaha bisnis yang dipasarkan secara online bersma istri saya, karena ada larangan pejabat BI tidak boleh, maka berhenti, bagi saya, sekumpulan orang itu adalah pangsa pasar yang besar,”katanya disambut tepuk tangan mahasiswa.

Mantan Kepala Perwakilan BI Cirebon itu banyak memberikan motivasi kepada mahasiswa bagaimana memanfaatkan sekecil apapun peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini.

Ditempat yang sama juga dilakukan penandatanganan kontrak kerjasama antara BI Sulteng dengan Unisa, berupa pemberian beasiswa kepada 50 orang mahasiswa Unisa yang memenuhi syarat.

Majid beharap, mahasiswa yang lolos seleksi dan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari BI dapat memanfaatkannya dengan baik.

“saya ucapkan selamat kepada mahasiswa terpilih, kalian adalah yang terbaik, manfaatkan dengan baik fasilitas yang diberikan ini, kalian sudah menjadi bagian dari keluarga besar Bank Indonesia, yang tergabung dalam GenBI, segala aktivitas sosial yang dilakukan oleh BI saya harapkan kalian ikut berpartisipasi didalamnya,serta jangan lupa tingkatkan prestasi kalian,”katanya.

BI juga akan memberikan kesempatan dan akses dalam karir, bagi yang berprestasi

Bagi yang berprestasi, kata Majid, akan diikutsertakan pada kegiatan leadership camp di Jakarta, disana akan dilatih oleh para motivator top.

Namun, bagi yang tidak aktif dalam kegiatan BI, akan ada evaluasi setiap enam, yang bersangkutan akan digantikan dengan yang lain.

Rektor Universitas Alkhairaat, Dr.Umar Alatas, menyambut baik dan berterimakasih kepada BI Sulteng atas pemberian beasiswa BI kepada mahasiswa Unisa.

“atas nama pimpinan Universitas, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah, yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unisa, satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Tengah,” tutupnya.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here