Unisa Palu – Fakultas Pertanian Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, kemarin (Selasa,9/7/2019) telah selesai divisitasi oleh asessor Badan Akreditasi Nasional -Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama dua hari, masing-masing DR. Ir Makhmudun Ainuri, M.Si (Universitas Gajah Mada) dan Prof. Dr. Ir. Murhadi (Universitas Lampung).

Sebelumnya, kedua Asessor ini diterima oleh Rektor Unisa Palu, Dr. Umar Alatas di ruang kerjanya, setelah saling memperkenalkan diri masing-masing dan saling tukar pengalaman, selanjutnya kedua Asessor menuju Fakultas Pertanian melakukan visitasi.

Dalam visitasi dua hari berturut-turut itu, tim asessor mengatakan jika persiapan Fakultas Pertanian Unisa cukup baik, hanya saja masih ada sejumlah kekurangan yang ditemukan namun tidak terlalu suptansif. Ia mencontohkan seperti ada sejumlah temuan fisik namun tidak dijantumkan dalam borang.

Diantaranya kerjasama internasional dan jurnal internasional, bahkan tidak tanggung-tanggung ada enam jurnal internasional yang tidak dimasukan dalam borang dalam bentuk narasi, padahal itu bisa bernilai poin jika dimasukan dalam borang.

Sehingga tim Asessor meminta pihak fakultas dan prodi untuk merevisi dan memasukan kedalam borang dalam bentuk narasi. “Selama dua hari ini, kami sudah memotret dan menilai, menemukan kekurangan dan kelebihan, hasilnya akan kami serahkan ke Dewan Eksekutif BAN-PT, dalam waktu dekat akan turun hasilnya,”ungkap DR. Ir Makhmudun Ainuri, M.Si.

Makhmudun juga mengucapkan selamat atas pelantikan rektor baru Unisa Palu yang dinilai masih muda dan enerjik, dan yang paling penting mau menerima masukan dari orang lain demi kemajuan kampus tertua di Sulteng ini. “Titip pesan ke rektor, pertahankan ciri khas sebagai kampus tua, namun bukan berarti tidak mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman, seperti penggunaan sistem Teknologi Informasi, dimana saat ini telah menjadi tuntutan PT, selain itu penataan marka jalan, dan penggunaan cat tembok kampus perlu diperhatikan,”pesannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Hj. Hasmari Noer, M.Si, mengaku optimis prodi yang divisitasi tersebut bisa naik ke B, mengingat sepanjang divisitasi tidak begitu alot dan menakutkan, bahkan sangat cair diluar dari espektasi.

“Insyah Allah, kita optimis bisa naik B, karena sebagian besar kami mampu membuktikan secara fisik, bahkan ada yang ditemukan yang tidak sempat kami masukan ke dalam borang,”harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here